Minggu, 14 April 2013

Pengantar ekonomi CASE AND FAIR bab 2 masalah ekonomi kelangkaan dan pilihan


Masalah ekonomi kelangkaan dan pilihan
1.      Kelangkaan, pilihan dan biaya peluang
1.1  Kelangkaan dan pilihan untuk perekonomian perseorangan
       Kelangkaan dan pilihan untuk perekonomian perseorangan menghasilkan konsep biaya peluang yaitu Alternatif terbaik yang kita lepaskan, Atau tidak dipilih, saat kita menentukan suatu keputusan atau pilihan.
1.2 Kelangkaan Dan pilihan pada kasus perekonomian dua orang atau lebih
       Bila dalam sebuah masyarakat terdapat lebih dari satu orang muncullah pertanyaan tentang distribusi, kerja sama, dan spesialisasi.
1.3 Batas kemungkinan produksi
       Grafik yang menunjukkan semua kombinasi antara barang dan jasa yang dapat di produksi jika seluruh sumber daya masyarakat tersebut di gunakan secara efisien.
1.4 Keunggulan komperatif dan keuntungan dari pertukaran
            Bahkan jika seorang individu atau Negara secara mutlak lebih efisien dalam memproduksi barang-barang di banding yang lain, semua pihak masih akan untung jika mereka melakukan spesialisasi memproduksi barang-barang dimana mereka memiliki keunggulan komperatif
1.5  Masalah ekonomi
       Semua masyarakat harus menjawab tiga pertanyaan dasar: Apa yang akan di produksi? Siapa yang akan mendapatkan apa yang di produksi? Bagaimana akan di produksi.
2.     Sistem perekonomian
2.1    Perekonomian komando
       Perekonomian dimana pemerintah pusat baik secara langsung maupun tidak langsung menentukan sasaran keluaran (output), pendapatan, dan harga-harga.
2.2    Perekonomian laissez-faire
Perekonomian dimana individu mengejar kepentingan mereka sendiri, tanpa arahan atau terpusat apa pun dan akhirnya menetapkan semua hasil keputusan ekonomi dasar


2.2.1        kedaulatan pelanggan
      Kedaulatan pelanggan gagasan yang menyatakan bahwa pelanggan secara mutlak mengarahkan apa yang akan di produksi.
2.2.2        Keputusan Produksi individual: perusahaan bebas
      Pada system pasar bebas, para produsen individual juga harus memhami bagaimana mengorganisasi dan mengkoordinasi produk actual produk atau jasa mereka.
2.2.3        Distribusi keluaran (output)
      Dalam system pasar bebas , distribusi keluaran juga ditentukan secara desentralisasi.
2.2.4        Teori harga
      Mekanisme koordinasi dasar dalam pasar bebas harga adalah jumlah yang di dapat dari penjualan produk perunit.
2.3    Sistem campuran, pasar dan pemerintah
                   Ada perusahaan individual yang bebas yang di jalankan bahkan dalam perekonomian dimana pemerintah memainkan peran utama.






Literature: case and fair

Tidak ada komentar:

Posting Komentar